Memperkokoh Bahtera Rumah Tangga

 
Rasulullah shallahu 'alaihi wa salam peernah bersabda kepada Abu Dzar Al-Ghifari :
"Wahai Abu Dzar, perkokohlah bahteramu karena samudra ini amat dalam. Perbanyaklah bekalmu karena perjalanan ini amat panjnag. Ikhlaskanlah amalmu karena pencatatmu sungguh amat jeli." (HR.Bukhari)

Amal ibadah itu mempunyai 3 syarat yang harus dipenuhi, yaitu :
1. Lillah : hanya karena Allah
2. Billah : bersama Allah, artinya mengikuti apa yang Allah perintahkan
3. Illallaah : tujuan akhirnya hanya mencari keridhaan Allah


     Dasar membangun rumah tangga adalah keihlasan karena perintah Allah dan mengikuti sunnah Rasulullah, bukan hanya ingin mendapatkan pasangan hidup. 
    Kehidupan sebuah rumah tangga dapat diumpamakan sebagai sebuah bahtera. Keselamatan bahtera itu bergantung dari kewaspadaan para penumpang di atasnya. Rasulullah memberikan gambaran bagaimana seharusnya hidup bersama dalam berumah tangga . Rasulullah bersabda :

"Perumpamaan orang-orang yang menjaga batas-batas Alllah dengan mereka yang melanggarnya, bagaikan satu kaum yang menaiki sebuah bahtera. Sebagian mendapat tempat di atas dan sebagian lagi di bawah. Mereka yang di bawah jika ingin air (terpaksa) melewati orang-orang yang di atas, lalu berkata, Seandainya kita lubangi (bahtera ini) untuk mendapatkan air, tentu kita tidak lagi mengganggu orang-orang yang di atas. Jika orang diatas membiarkan keinginan mereka yang dibawah, tentu semua akan binasa. Jika mereka menghalanginya, mereka akan selamat dan selamatlah semuannya." (HR. Bukhari).

Musthafa Masyur mengungkapkan bahwa kesejahteraan keluarga bukanlah terletak pada aspek fisik, materi, tetapi pada keterikatan anggota keluarga dengan aqidah, ibadah, ahklaq dan pergaulan Islam, sehingga seluruh kehidupan terwarnai dengan identitas Islam secara utuh. 

Bagaimana kehidupan yang Islami dapat kita lihat suri tauladan kita Rasulullah. Karena Allah sendiri telah menyatakan dalam Al-Qur'an :
"Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu, (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyembuh Allah.''(Al-Ahzab:21)

3 hal penting yang harus diperhatikan dan dipersiapkan oleh pasangan pengantin baru, yaitu :
1. Rumahku Surgaku
Keluarga sakinah yang di dalamnya terdapat ketentraman dan ketenangan, baik bagi suami, istri ataupun anak-anak. Di mana masing-masing berusaha melakukan perannya dengan sebaik mungkin dan saling meringankan beban satu sama lain (bukan membebani).
2. Rumah adalah madrasah kecil
Semua anggota keluarga saling mengisi dan memperbaiki kekurangan dan kelemahan yang ada, bukan hanya sekedar memaklumi. Faktor penunjang yang penting demi lancarnya proses belajar mengajar ini adalah komunikasi dan sikap keterbukaan sesama anggota keluarga, saling menasehati dan rela untuk dinasehati serta berjalannya fungsi saling membantu antara suami istri.
3. Hiasi rumah dengan sholat, salam, doa dan tilawah Al-Qur'an
Ibadah-ibadah tersebut akan lebih terasa indah dan nikmat jika dilakukan secara berjamaah. Hal inilah yang akan memberikan suasana Islam yang segar di dalam rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar